Menggunakan sepatu menjadi salah satu kebutuhan utama dari masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang bekerja di luar ruangan. Hal ini dikarenakan sepatu dapat melindungi kaki dari kasarnya jalanan dan berbagai benda yang mengancam keselamatan kaki. Oleh karena itu, akan sangat disarankan bagi Anda menggunakan sepatu yang memang memiliki kualitas terbaik sehingga mampu melindungi kaki dari segala benda yang mengancamnya.

Selain itu, tidak hanya untuk melindungi kaki saja, namun sekarang ini sepatu banyak dipilih jika memiliki desain yang sedang kekinian dan diproduksi oleh brand terkenal. Salah satu jenis sepatu yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia belakangan ini adalah sepatu Vans.

Sepatu ini pun sangat mudah untuk didapatkan, Anda bisa membelinya dengan cara online atau pun langsung mengunjungi gerai resminya. Saat membeli, tentu Anda harus memperhatikan apakah produk tersebut asli atau palsu, yakni dengan menggunakan cara ini:

Logo

Logo Vans Off The Wall
Vans 50 Years (Off The Wall Since 1966) – Sumber : Vans.com

Untuk memastikan apakah sepatu yang akan dibeli atau yang sudah Anda miliki saat ini merupakan yang asli, maka lihatlah logo sepatu tersebut. Sepatu yang dikeluarkan secara orisinil oleh Vans memiliki logo yang dicetak menggunakan huruf capital atau besar, dimana pada huruf V memiliki garis yang menyerupai salah satu simbol dari akar di dalam matematika. Huruf lainnya pun akan berada di dalam atau di bawah dari garis tersebut dan juga terdapat simbol R bulat kecil di sebelah dari logo sepatu.

Heel Pad

Heelpad sepatu (Vans)
Cek Heelpad cara membedakan sepatu Vans asli dan palsu – Sumber : BACA.co.id

Anda juga bisa melihat apakah sepatu Vans yang akan atau sudah dibeli merupakan produk orisinil atau tidak dari bagian heel pad-nya. Bagian ini merupakan logo yang berada pada bagian penyambung sepatu. Heel pad biasanya dibuat dengan memiliki tekstur yang lebih tebal serta terasa keras.

Jika orisinil, maka bagian heel pad tersebut tidak akan meninggalkan bekas jika ditekan meski menggunakan kuku sekali pun. Berbeda dengan produk yang palsu, dimana jika ditekan akan meninggalkan bekas.

Jahitan

jahitan Vans
Jika jahitan tetap rapi dan benang tak keluar dari jahitan, berarti sepatu Vans memang asli -Sumber : InspiraSee

Cara lainnya yang bisa juga Anda gunakan untuk mengetahui keaslian dari sepatu merk Vans adalah dengan mengecek setiap jahitan yang ada. Sepatu yang orisinil biasanya memiliki struktur jahitan yang lebih rapi serta tersusun dengan baik dan teratur. Anda bisa mencobanya dengan mencungkil sedikit bagian jahitannya dengan menggunakan kuku. Jika Anda sudah melakukannya dan tidak ada benang atau pun membuat jahitannya tetap sedia kala, maka bisa dipastikan bahwa produk yang dimiliki merupakan produk asli dan bukan barang tiruan.

Kode Waffle

Kode waffle (tapak karet) sepatu Vans
Kode waffle tersebut dan dapat dilihat anda sendiri. Kode waffle dari setiap negara juga berbeda-beda – Sumber : Duo Loger

Anda juga bisa membedakan apakah sepatu yang dimiliki saat ini merupakan produk asli atau palsu dengan melihat pada kode waffle yang berada pada bagian luar atau outsole sepatu. Biasanya, kode waffle akan tercetak di telapak kaki dan memiliki kode yang berbeda sesuai dengan negara dimana sepatu tersebut diproduksi.

Jika diproduksi di Tiongkok, maka akan terdapat kode HF, IFC, DT, ZDC, SHC atau pun ICC. Sedangkan jika diproduksi di Vietnam biasanya memiliki kode EVB dan buatan Indonesia memiliki kode GSI.

Kode pada Box

kode pada box Vans
Kode sepatu Vans® asli akan muncul gambarnya di pencarian Google. Jika tidak muncul maka dipastikan sepatu Vans® itu FAKE alias palsu – Sumber : kharismabima.blogspot.com

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui mana sepatu Vans yang asli dan juga palsu adalah dengan melihat kode yang tertera pada kotak atau box sepatu. Biasanya, terdapat sebuah stiker yang berisikan kode yang ditempelkan pada kotanya. Pada bagian tersebut aka nada tulisan VN kemudian angka yang berbeda-beda pada setiap tipenya. Masukan kode tersebut ke internet dan jika muncul gambar, maka sepatu itu pun asli.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *